Memilih Rumah Sebagai Tempat Usaha Laundry

Memilih Rumah Sebagai Tempat Usaha Laundry

28 May 2018

Sebelum merencanakan membuka laundry di rumah, kita juga harus mengenal apa yang dimaksud dengan bisnis rumahan itu sendiri. Bisnis rumahan atau HBB adalah segala aktivitas usaha yang dilakukan di rumah untuk mendapatkan uang atau keuntungan. Jadi bisnis laundry rumahan adalah menjalankan semua aktivitas laundry di dalam rumah yang notabene tidak memiliki legalitas hukum sebagai badan usaha. Ada kelebihan dan keuntungan tersendiri jika menjalankan usaha dari rumah

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh majalah Home Office Computing, hampir 98% orang menjawab sangat merasa bahagia jika bisa bekerja dari rumah. Terlebih lagi untuk ibu rumah tangga. Membuka usaha laundry di rumah adalah salah satu caranya. Berikut ini adalah kelebihan memilih rumah sebagai tempat usaha laundry.

Tidak Perlu Mencari tempat

Dengan melakukan usaha laundry di dalam rumah, Anda tidak perlu lagi untuk mencari tempat untuk membuka usaha. Anda bisa langsung memulai dan menjalani operasional bisnis, apalagi kalau rumah Anda cukup strategis mengingat sulitnya untuk mencari tempat usaha yang representative saat ini. Pun apabila ada, memerlukan modal yang cukup besar.

Tidak Perlu Membayar Sewa Tempat

Bisa mengurangi biaya produksi, karena Anda terbebas dari biaya uang sewa tempat usaha. Sehingga Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya sewa ruko, toko dan sebagainya. Terlebih lagi tempat yang strategis memerlukan biaya yang sangat besar untuk menyewanya. Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya transport untuk ke tempat usaha, kecuali tentunya karyawan Anda sendiri.

Tidak Perlu Menggaji Karyawan

Bila mengerjakannya di rumah tidak perlu mempekerjakan orang luar dengan gaji yang cukup besar, Anda bisa memilih karyawan dari orang terdekat atau cukup dengan keluarga saja. Apalagi kalau anggota keluarga cukup banyak, bisa anak pertama yang menjalani operasional, anak kedua bagian pelayanan, anak ketiga bagian administrasi dan seterusnya. Tentu bergantung kebutuhan dan kapabilitas anggota keluarga itu sendiri.

Efisiensi Waktu

Dengan membuat usaha laundry di rumah, akan membantu Anda lebih leluasa dalam mengatur waktu kerja, terlebih lagi untuk ibu rumah tangga yang harus menjaga anaknya dan melayani suaminya. Fleksibilitas seperti ini bisa membuat seseorang membagi waktunya dengan adil antara bisnis dan keluarga.

Keuntungan Lebih Besar

Karena dapat mengurangi biaya operasional, biaya produksi akan menjadi lebih kecil sehingga membuat marjin keuntungan yang akan diterima menjadi lebih besar. Pada dasarnya kebutuhan produksi usaha laundry adalah air, listrik, deterjen, pewangi, plastik, gas pengering, gas setrika uap, tenaga kerja dan di sewa tempat.

Meski demikian, ada juga kekurangan dari membuka usaha laundry di rumah. Pertama, Anda tidak bisa membedakan antara biaya rumah tangga dan biaya usaha. Saat membayar listrik dan air misalnya, tidak bisa dideteksi mana yang dihabiskan untuk bisnis dan mana yang dipakai untuk konsumsi rumah tangga. Dampaknya, saat membuat laporan neraca keuntungan, sulit untuk mendeteksi apakah laundry Anda menciptakan keuntungan atau malah kerugian.

Kedua, masalah kenyamanan. Tidak semua orang merasa nyaman kalau rumahnya setiap hari didatangi orang asing sekalipun bisa menghasilkan uang bagi mereka. Apalagi laundry, di mana membutuhkan ruang yang cukup besar untuk mesin cuci, pengeringan, dan pengepakan. Jika rumah Anda hanya pas untuk sejumlah anggota keluarga, lebih baik tidak membuka bisnis laundry di sana.

Kelebihan dan kekurangan ini bisa jadi bahan pertimbangan untuk memilih tempat yang akan digunakan untuk laundry Anda. Selamat memutuskan!

Message Us