Pelayanan Purna Jual Untuk Bisnis Laundry

Pelayanan Purna Jual Untuk Bisnis Laundry

14 May 2018

Layanan purna jual adalah sebuah pelayanan tambahan yang sudah disediakan oleh perusahaan kepada konsumen, bertujuan untuk memuaskan konsumen yang menggunakan jasa dari perusahaan tersebut dan memberikan kenyamanan kepada semua konsumen yang menggunakan jasanya. Tujuannya agar terbangun rasa saling percaya antara konsumen dengan pengelola usaha.

Bagi Anda yang baru ingin membuka atau sudah menjalani usaha laundry, ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan guna memberi pelayanan purna jual / servis.

Contoh layanan purna jual untuk laundry:

Kartu membership

Ini sangat bagus untuk mengikat konsumen Anda agar mereka tidak pindah ke laundry lain. Berikan keuntungan-keuntungan saat mereka bersedia menjadi member Anda, seperti potongan harga yang tidak diberikan kepada non-member, gratis untuk produk-produk tertentu, program-program promosi dan sebagainya.

Jasa delivery

Tidak semua laundry memberikan jasa penjemputan dan pengantaran hasil cucian. Anda bisa memberikan jasa tersebut ke konsumen. Bahkan kalau perlu, saat mengantarkan hasil cuciannya, tawarkan juga untuk langsung memasukkan ke lemari pelanggan. Ini akan membuat laundry Anda bernilai positif di mata mereka. Siapkan orang yang berpenampilan menarik saat menjemput maupun mengantar agar kesan yang ramah tercermin dari mereka.

Menambah jam operasional

Pada umumnya perusahaan laundy hanya buka dari pagi sampai malam saja pada akhir pekan. Bila tempat usaha Anda adalah tempat yang cukup ramai dan gedung-gedung yang buka 24 jam berada di sekitarnya, sebaiknya Anda membuat menambah jam operasionalnya menjadi 24 jam. Konsekuensinya, Anda harus menyiapkan tenaga sumber daya manusia dari yang hanya dua shift menjadi  tiga shift sehingga memberikan perbedaan dengan kompetitor Anda yang lainnya.

Menyiapkan komputerisasi

Jika pelanggan Anda menanyakan status pakaian mereka, tidak perlu capek-capek menelepon customer service Anda. Cukup dengan membuka situs website laundry Anda, masukkan kode resinya, maka muncullah statusnya apakah sudah selesai, on process, atau sedang diantar. Ini mirip dengan jasa kurir, namun tentu beda dari sisi konsepnya. Sistem tracking ini sudah menjadi kebutuhan di dunia yang serba terhubung ini.

Survei kepuasan

Jarang ada bisnis laundry yang menyediakan survei kepuasan kepada pelanggannya. Siapkan form khusus di setiap pakaian bersih yang siap diantar ke konsumen, dan mintalah mereka mengisinya. Berikan hadiah terbaik bagi pelanggan yang bisa memberikan kritik, saran dan ide-idenya untuk kemajuan pelayanan Anda. Semakin banyak survei yang Anda sebarkan, semakin bagus.  Berikan apresiasi dengan mengundang mereka, para konsumen loyal Anda untuk makan malam bersama dalam jamuan tidak resmi. Tujuannya, selain untuk mengikat emosional mereka, juga untuk bertemu langsung dengan Anda sehingga mereka mengetahui bahwa Anda sangat memperhatikan kebutuhan mereka dalam hal mencuci pakaian.

Hadiah ulang tahun

Berikan hadiah ulang tahun kepada pelanggan Anda. Tidak perlu yang aneh-aneh, cukup dengan memberikan potongan khusus agar sebagai hadiahnya. Contohnya adalah Lele Lela, sebuah restoran pecel lele yang sering memberikan makanan gratis bagi mereka yang berulang tahun. Tentu Anda tidak perlu sampai memberikan gratis (kalau memang bisa, malah lebih bagus). Cukup dengan diskon dengan nilai yang cukup besar. Ini bisa membuat pelanggan loyal pada laundry Anda.

Contoh-contoh pelayanan purna jual ini bisa Anda modifikasi sendiri sesuai dengan kebutuhan. Alangkah lebih bagusnya Anda membuat pelayanan ini berdasarkan masukan dari konsumen loyal Anda tersebut. Karena, jika Anda adalah pemain baru di bisnis laundry, tentu para pelanggan adalah orang yang lebih tahu tentang kebutuhan mereka sehingga Anda butuh masukan dan saran-saran brilian dari pihak luar.

So, selamat melayani!

Message Us