Pengelolaan Pelanggan Pada Usaha Laundry?

Pengelolaan Pelanggan Pada Usaha Laundry?

laundry, Bisnis Laundry,

Jika Anda mengamat bisnis-bisnis atau usaha-usaha yang ada di sekitar Anda, biasanya ada satu hal yang sering dilupakan oleh pemilik bisnis, yaitu pengelolaan pelanggan. Bisnis pada umumnya hanya membuka bisnis mereka, mengharapkan calon pelanggan datang dari promosi yang mereka lakukan, lalu terjadi transaksi, pelanggan pulang, dan selesai. Biasanya pemilik bisnis lupa untuk membuat sistem yang dikhususkan untuk mengelola pelanggan mereka. Memang ada usaha-usaha yang tetap ramai dan sukses tanpa melakukan hal ini, tetapi jika Anda melihat usaha-usaha atau bisnis-bisnis yang mampu eksis dalam jangka panjang, pada umumnya usaha tersebut telah memiliki sistem pengelolaan pelanggan yang baik. Hal ini juga berlaku pada usaha laundry tak terkecuali.

Pengelolaan pelanggan yang kami maksud bukan berarti Anda menelepon pelanggan-pelanggan Anda setiap hari dan meminta pakaian-pakaian mereka untuk dicuci di tempat laundry Anda. Hal ini justru akan mengganggu mereka, tetapi Anda harus memiliki sistem dan strategi yang rapi untuk mengelola pelanggan-pelanggan Anda.

Pengelolaan pelanggan biasanya sudah berawal dari program promosi yang telah Anda buat.  Dengan memberikan promosi yang menarik lewat spanduk, pamflet, ataupun lewat media online, usaha Anda sudah berpotensi untuk didatangi oleh calon pelanggan. Dan pengelolaan pelanggan yang baik sudah dimulai pada saat tersebut.

Ketika pelanggan mulai berdatangan, Anda harus memberikan pelayanan yang baik dan ramah. Dan yang harus Anda ingat adalah selalu membangun database dari pelanggan Anda tersebut. Anda bisa menggunakannya untuk mengembangkan usaha Anda, tentunya dengan etika yang baik juga. Caranya bisa bermacam-macam. Bisa dengan menawarkan kartu anggota dan menawarkan program reward point atau promosi lainnya untuk menarik pelanggan Anda agar mau menjadi anggota. Atau dengan cara paling sederhana yaitu mengisi buku tamu sampai dengan cara yang lebih modern seperti mengajak mereka bergabung dengan social media online yang usaha Anda miliki atau menggunakan e-membership melalui aplikasi online. Sebagai gantinya Anda mendapatkan data mereka yang bisa Anda kelola dan tentunya dengan etika yang benar pula.

Dan setelah anda mempunya data pelanggan yang kelola dengan baik, Anda dapat memberikan informasi-informasi menarik kepada mereka misalnya melalui sms, email, dan atau social media online. Yang harus benar-benar Anda perhatikan jika mengirimkan informasi kepada pelanggan adalah etika dan frekuensi pengiriman informasi. Jangan sampai anda justru mengganggu mereka, hal ini tentunya dapat memberikan citra yang buruk pada usaha laundry Anda.

Selain yang telah disebutkan sebelumnya, pengelolaan pelanggan juga bersifat luas. Tidak hanya mengumpulkan database pelanggan, memberikan kualitas hasil kerja yang terbaik untuk pelanggan dan membuat pelanggan menjadi bergantung kepada usaha Anda juga merupakan cara mengelola pelanggan yang baik. Jadi tidak hanya Anda yang bergantung kepada pelanggan dengan selalu memberikan promosi menarik, tetapi pelanggan juga bergantung kepada Anda karena dapat memberikan hasil cucian yang memuaskan. Dan harus Anda ingat, pelanggan yang puas biasanya merupakan sarana promosi gratis yang bisa Anda dapatkan. Tentunya mereka akan mempromosikan usaha Anda kepada teman-temannya tanpa perlu Anda suruh, dan hal ini tentunya akan membawa pelanggan-pelanggan baru kepada usaha Anda.

Sekarang Anda sudah mengerti mengapa penting sekali untuk mempunyai sistem pengelolaan pelanggan dan bagaimana prinsip untuk mengelola pelanggan tersebut. Kami yakin dengan konsep usaha yang baik, manajemen yang baik, peralatan dan bahan baku yang berkualitas, tenaga kerja yang mumpuni, serta sistem pengelolaan yang baik, usaha laundry Anda akan berkembang dengan baik.

Message Us