Tips Melayani Pelanggan

Tips Melayani Pelanggan

03 April 2018

Konsumen adalah raja, sepertinya istilah ini sudah sering kita dengar. Namun bagaimana cara kita melayani konsumen dengan baik? Tentunya adalah hal yang sangat mudah. Dengan melayani mereka dengan baik tentunya akan memberi dampak positif juga bagi usaha Anda. Dengan menanggapi pelanggan dengan baik tentunya mereka akan merasa senang dan semakin nyaman untuk berbelanja di toko Anda. Salah satu alasan suksesnya sebuah usaha adalah bagaimana cara kita melayani pelanggan. Melayani pelanggan dengan baik tentunya adalah hal yang harus dilakukan. Hal ini akan memberi kesan baik dari pelanggan. Sangat penting untuk mengutamakan konsumen karena akan berpengaruh pada usaha Anda tentunya.

Pelayanan adalah penting. Hal yang sangat penting disini adalah bagaimana cara kita memperlakukan pelanggan dengan baik. Salah satunya adalah dengan bersikap sopan dan tentunya mengutamakan kebutuhan yang dibutuhkan oleh pelanggan. Hal utama ini adalah hal lain yang sangat harus diperhatikan. Prioritas sebuah usaha adalah bagaimana cara kita memperlakukan pelanggan dengan baik. Hal ini akan sangat berpengaruh pada kesuksesan usaha yang dijalani. Namun banyak orang yang merasa canggung karena tidak tahu bagaimana cara mengatasi hal tersebut. Sebenarnya itu adalah hal yang sangat mudah. Hal tersebut dapat dilihat di beberapa tips berikut ini.

Berikut ini adalah tips melayani pelanggan:

  1. Sopan dan baik. Melayani pelanggan dengan sopan dan baik tentunya adalah hal yang utama yang sudah diketahui oleh banyak orang. Dengan menggunakan cara ini tentunya akan memberi respons positif dari para pelanggan dengan sikap sopan dan baik yang diterimanya saat berada di toko Anda.

  2. Menyapa pelanggan. Kalau Anda pernah datang ke sebuah toko ritel, Anda pasti akan disapa dengan sambutan “Selamat malam, selamat datang di.......” Ketika selesai berbelanja, Anda akan mendapat ‘salam perpisahan’ yang bunyinya “Sampai belanja kembali...” Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar sambutan standart tersebut? Tentu saja biasa-biasa saja, bahkan cenderung merasa kesal. Seharusnya sambutan itu disesuaikan dengan pengunjungnya. Kalau pengunjung itu sering datang, mengapa tidak ditanya kabarnya, kabar anaknya yang baru masuk sekolah, kabar rumahnya yang katanya lagi direnovasi, kabar suaminya yang baru pindah kerja, kabar mobilnya yang kemarin masuk bengkel, dan sebagainya. Sapaan yang customized seperti itu jauh lebih efektif ketimbang sapaan standart.

  3. Menghargai pendapat pelanggan. Terkadang ada pelanggan yang mengutarakan pendapatnya untuk memberi masukan pada Anda dengan nada dan cara yang “pedas”. Sebaiknya mendengarkan pendapatnya tersebut karena itu merupakan sebuah salah satu masukan positif agar Anda dapat menjadi lebih baik. Tidak perlu marah atau balik menyerang karena sekalipun Anda memenangkan debat, pada hakekatnya Anda tidak memenangkan apapun.

  4. Tatap mata pelanggan. Ketika pelanggan sedang berbicara maka sebaiknya tataplah matanya. Hal ini sangat penting agar pelanggan merasa bahwa ia telah dihargai dengan menanggapi perkataannya. Hal ini akan sangat bermanfaat bagi konsumen untuk lebih menambah minat mereka untuk lebih percaya pada toko tersebut. Menatap mata akan membuat pelanggan merasa ditanggapi serta terpenuhi juga apa yang diperlukan.

  5. Menjawab semua pertanyaan pelanggan. Jawablah setiap pertanyaan pelanggan untuk membuatnya semakin yakin bahwa tempat Anda adalah toko yang berkualitas serta mengutamakan kepentingan pelanggan.

  6. Ganti rugi. Kalau ada pelanggan yang minta ganti rugi, ada baiknya Anda memang menggantinya meski kesalahan bukan pada Anda. Jelaskan bahwa kerusakan disebabkan oleh pelanggan yang sendiri, namun Anda tetap ingin memberikan ganti rugi.
    Itulah beberapa tips dalam melayani pelanggan dengan baik. Adalah hal yang mudah untuk dijadikan sebagai contoh. Selamat mencoba.
Message Us