Tips Merawat Pakaian Berbahan Wol

Tips Merawat Pakaian Berbahan Wol

Pakaian berbahan wol sebenarnya bukan pakaian yang umum digunakan di negara tropis seperti Indonesia, namun jika sedang mengalami musim penghujan, tentu saja juga banyak orang yang menggunakan pakaian berbahan wol ini, selain itu beberapa daerah di Indonesia juga banyak yang merupakan dataran tinggi dan biasanya suhu di daerah tersebut cukup dingin. Dan pastinya memakai pakaian berbahan wol merupakan pilihan yang sempurna untuk berada di tempat seperti itu, baik Anda yang memang tinggal di sana, ataupun Anda yang sedang  berlibur ke tempat tersebut. Dan untuk para pendaki, pakaian berbahan wol ini juga selalu menjadi pilihan utama jika sedang mendaki. Selain fungsinya yang menghangatkan badan orang yang memakainya, memakai pakain berbahan wol ternyata juga dapat membuat penampilan menjadi lebih baik.

Pakaian yang sangat lazin terbuat dari bahan wol yaitu sweater atau baju hangat, dan bahan wol biasanya terbuat dari bulu domba. Kelemahan dari pakaian berbahan wol ini biasanya mempunyai rajutan yang agak renggang, dan bahkan dapat sangat merenggang ketika pakaian tersebut ditarik, karenanya Anda harus tau bagaimana cara merawatnya.

Seperti yang telah diulas oleh woolmark.com, beginilah langkah-langkah untuk mencuci dan merawat pakaian berbahan wol:

Mencuci dan menjemur pakaian berbahan wol

Sebelum memulai mencuci, pastikan selalu melihat label perawatan yang ada pada pakaian tersebut agar kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi saat mencuci dapat dihindari, khususnya jika Anda ingin mencuci pakaian tersebut menggunakan mesin cuci, maka periksa dahulu apakah ada tulisan Machine Washable atau Total Easy Care pada label perawatan tersebut, jika ada maka mencuci pakaian tersebut dengan mesin cuci dapat dilakukan, jika tidak ada maka Anda sebaiknya mencuci secara manual untuk menghindari menyusutnya pakaian berbahan wol Anda. Dan Anda juga harus memperhatikan apakah ada label Dry Clean Only, pada label perawatan tersebut, jika ada maka sebaiknya serahkan saja pakain tersebut kepada jasa laundry profesional untuk dicuci. Yang harus diperhatikan lagi adalah label wash hand only, petunjuk ini jelas sekali bahwa pakaian berbahan wol Anda haruslah dicuci secara manual menggunakan tangan.

Untuk mencuci secara manual, Anda dapat menggunakan deterjen cair yang lembut dan sebaiknya tidak mengandung pemutih. Sebelumnya pakaian bisa direndam dahulu dengan menggunakan air  hangat, maksimal 30 derajat Celcius, dan direndam selama kurang lebih 10 menit. Lalu bilas terlebih dahulu dengan air hangat kembali dan melanjutkan mencuci menggunakan air yang dingin saja. 

Saat mencuci pakaian ini, mencuci dengan pakaian berbahan wol yang dibalik terlebih dahulu agar bagian depannya tidak menjadi rusak ketika dicuci, dan Anda sebaiknya memisahkan baju wol tersebut dengan baju lainnya jika pakaian tersebut berwarna. Dan pada saat memeras, jangan memeras terlalu kuat agar pakaian tersebut tidak menjadi rusak.

Setelah selesai dicuci, posisi menjemur juga harus diperhatikan agar pakaian tersebut tidak menjadi melar, hindari menggantung, tetapi menjemurnya dalam posisi yang datar. Dan seperti cara menjemur lainnya, hindari terkena sinar matahari langsung.

Menyetrika dan menyimpan pakaian berbahan wol

Hal yang paling penting adalah melihat label perawatan kembali, jangan menyetrika pakaian tersebut jika ada petunjug do not iron. Dan jika memang boleh, maka aturlah agar suhu yang dipakai tidak terlalu panas. Untuk menyimpannya, sebaiknya tidak dengan cara digantung, tetapi cukup dilipat dengan rapi saja agar pakaian tidak menjadi melar pada saat digantung. Dan pastikan lemari kering, bersih, tidak terpapar sinar matahari langsung dan bebas dari serangga.

Message Us