Tips Packing Pakaian Laundry

Tips Packing Pakaian Laundry

17 May 2018

JIka Anda pernah berpikir untuk membuka usaha laundry ataupun saat ini Anda adalah seorang pengusaha laundry, Anda pasti menyadari bahwa ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat menjalankan usaha laundry ini. Mulai dari manajemen outlet laundry tersebut, penerimaan baju kotor, proses pencucian, proses pengeringan, proses penyetrikaan, sampai kepada proses pengemasan pakaian-pakaian yang telah bersih dan siap dikembalikan kepada pelanggan-pelanggan Anda. Tentu saja Anda harus memberikan pelayanan dengan kualitas yang terbaik mulai dari menerima pakaian kotor hingga pakaian menjadi bersih dan siap dikembalikan kepada pelanggan-pelanggan Anda. Salah satu tahap yang sangat penting dan akan kami ulas pada artikel ini yaitu proses pengemasan pakaian tersebut. Bagian ini juga penting karena, pelanggan Anda tentu akan menerima pakaian-pakaian bersih mereka dalam keadaan yang dikemas secara baik, jika Anda juga memperhatikan dengan baik proses ini, maka pelayanan Anda sempura, karena pelanggan akan merasa puas dan senang jika mereka menerima pakaian-pakaian mereka dalam kondisi bersih, harum, dan tentunya dikemas dengan baik pula.

Mengemas pakaian yang bersih dengan baik akan menambah kesan rapi pada pakaian-pakaian tersebut. Dan untuk melakukan tahap ini dengan baik, Anda tentu saja memerlukan pembungkus yang bersih pula. Anda dapat menggunakan pembungkus dari plastik ataupun Anda juga dapat memesan pembungkus khusus yang bisa Anda pesan di tempat-tempat percetakan ataupun juga ada beberapa produsen pembungkus yang khusus untuk pembungus laundry. Jika Anda memesan secara khusus pembungkus laundry ini, Anda dapat memberikan logo Anda pada pada pembungkus tersebut dan hal ini dapat memberikan keuntungan untuk Anda dalam hal branding, karena mungkin teman-teman dan saudara-saudara pelanggan yang melihat pembungkus khusus laundry tersebut dapat mengetahui tempat usaha laundry tersebut dan bukan tidak mungkin mereka juga akan menjadi pelanggan-pelanggan baru Anda nantinya.

Dan untuk ukuran pembungkus laundry tersebut, Anda sebaiknya menyediakan berbagai macam ukuran, dari ukuran normal yang biasa dipakai untuk membungkus pakaian hingga pembungkus yang lebih besar yang digunakan untuk membungkus selimut ataupun bedcover. Untuk pembungkus normal biasanya ukuran yang dipakai yaitu 40x60 Cm ataupun 30x50 Cm, sedangkan ukuran yang lebih besar yaitu 60x100 Cm. Harga untuk plastik pembungkus ini berkisar mulai Rp25.000 setiap Kg-nya.

Jika Anda sudah menyiapkan pembungkus yang akan digunakan untuk memasukkan pakaian-pakaian kedalamnya, maka yang Anda butuhkan selanjutnya adalah menutup pembungkus tersebut. Cara yang paling murah yaitu menggunakan stepler seperlunya, dan jika Anda ingin hasil yang lebih baik lagi maka Anda akan membutuhkan plastic sealer. Dengan menggunakan alat ini, hasil kemasan pakaian-pakaian tersebut akan menjadi lebih rapi dan usaha laundry Anda akan terlihat lebih profesional pula. Harga alat ini juga bervariasi, mulai dari harga Rp350.000 Anda sudah bisa mendapatkan alat ini. Tentunya semakin mahal alat ini, biasanya kualitasnya juga akan semakin baik pula. Anda sebaiknya menggunakan ukuran yang paling panjang agar lebih fleksibel digunakan oleh berbagai ukuran plastik nantinya.

Dan tips yang terakhir, ingat selalu memberikan parfum agar pakaian memiliki wangi yang lebih tahan lama di dalam plastik pembungkus tersebut.

Demikian tips yang dapat kami bagikan tentang cara mengemas pakaian-pakaian pelanggan yang sudah bersih dan siap dikembalikan kepada mereka, mudah-mudahan artikel ini dapat memberikan manfaat untuk Anda semua khususnya bagi Anda yang sedang berencana membuka usaha laundry. Sukses selalu.

Message Us